Destinasi Wisata

Magelang Punya 14 ‘Plus Satu’ Candi yang Mempesona, Borobudur Salah Satunya

borobudur
Candi Borobudur menyambut sunrise [image: source]
Penulis Dwi Rahayu

Mungkin Magelang layak menyandang sebutan ‘Kota Candi’ karena banyaknya situs candi yang terdapat di ‘Kota Sejuta Bunga’ ini

Bagi kebanyakan orang, mendengar kata candi di Magelang pasti yang terlintas nama Candi Borobudur yang memang sudah sangat familiar dan mendunia. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata di kota sejuta bunga ini masih ada belasan candi lain yang sangat mempesona dan memiliki keagungan nilai historis.

Buat mengobati rasa penasaran kamu, tim zona-indonesia.net mengulas tentang candi-candi di Magelang yang jumlahnya ada 14 plus satu termasuk Candi Borobudur. Ditambah satu situs candi yang baru ditemukan tapi belum diresmikan sebagai situs sejarah. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

1. Candi Borobudur

Siapa tak mengenal Candi Borobudur? Paling tidak pernah mendengar, walaupun belum pernah mengunjungi. Ya, candi Budha terbesar di dunia yang menjadi simbol kejayaan dinasti Sailendra pada jamannya ini telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai situs warisan dunia. Jadi tak heran jika candi yang didirikan pada abad ke-8 ini namanya sudah mendunia. Bule saja tau, masak kita nggak?!

candi borobudur saat waisak

Candi Borobudur saat perayaan Waisak [credit: @kirana.bella]

2. Candi Mendut

Berjarak hanya sekitar 3 kilometer, Candi Mendut berdiri mempesona. Memiliki corak yang sama dengan Candi Borobudur, yakni bercorak candi Budha, dinding candi ini juga dikelilingi relief yang menarik. Salah satu diantaranya adalah relief yang menceritakan tentang kisah Brahmana dan seekor kepiting. Mau tau lebih banyak? Langsung ke TKP saja!

candi mendut

Candi Mendut [credit: @tourismwave]

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Kediri Yang Mesti Anda Kunjungi

3. Candi Pawon

Sebelum sampai Candi Mendut, ada baiknya kamu mampir dulu ke Candi Pawon. Candi Budha ini terletak diantara Candi Borobudur dan Candi Mendut dan bila ditarik garis lurus, maka ketiganya berada dalam satu garis. Diyakini ketiga candi ini punya keterkaitan satu dengan lainnya. Salah satu pesona Candi Pawon terletak pada sepasang relief di dinding luar, Kinnara dan Kinnari. Dua makhluk berbadan burung dan berkepala manusia cantik yang mahir bermain kecapi.

candi pawon

Candi Pawon [credit: @dexterlee__]

4. Candi Ngawen

Agak ke selatan sekitar 5 km dari Candi Mendut, tepatnya di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, ada Candi Ngawen. Masih bercorak candi Budha, candi ini diperkirakan seumuran dengan Candi Borobudur. Disini terdapat lima buah candi kecil nan eksotis berhias relief dan sebuah patung Buddha. Konon, dalam prasasti Karang Tengah menyebutkan bahwa Candi Ngawen merupakan bangunan suci Venuvana (bahasa sansekerta) berarti Hutan Bambu.

candi ngawen

Candi Ngawen [credit: @kotamuntilan]

5. Candi Asu

Berbeda dengan candi-candi sebelumnya, Candi Asu merupakan situs candi bercorak Hindu. Berlokasi di lereng Gunung Merapi sekitar 10 km dari Candi Ngawen, di dekat pertemuan Sungai Pabelan dan Sungai Telingsing, tepatnya di Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun. Nama Candi Asu memang terdengar aneh, karena ‘asu’ berarti anjing. Nama ini adalah pemberian masyarakat setempat karena konon disekitar candi ini dulunya banyak terdapat anjing. Candi terdekat lainnya dari lokasi ini adalah Candi Lumbung dan Candi Pendem.

candi asu

Candi Asu [credit: @workartholic]

6. Candi Lumbung (Sengi)

Masih di kawasan Sengi, tepatnya di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan berdiri satu situs peninggalan purbakala, Candi Lumbung. Lokasi candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang ada saat ini merupakan tempat baru karena di tempat awalnya candi ini ditemukan, yakni di tepi Sungai Apu, terkena dampak lahar dingin Gunung Merapi pada erupsi tahun 2011 lalu. Ditempat barunya yang berjarak sekitar 750 meter dari tempat semula, kamu bisa menikmati eksotisme dan sejarah Candi Lumbung.

candi lumbung sengi

Candi Lumbung Sengi [credit: @ak3ru]

7. Candi Pendem

Satu lagi rangkaian candi di kawasan Sengi yang bisa kamu kunjungi, Candi Pendem. Dibangun pada abad ke-8, candi ini juga memiliki corak Hindu. Ketiga candi (Candi Asu, Candi Lumbung, dan Candi Pendem) yang berada di kawasan Sengi ini populer dengan sebutan Candi Sengi. Banyak kemiripan yang terdapat pada ketiga candi, selain pada corak candi Hindu, juga lokasinya yang masih dalam satu wilayah, sehingga diyakini bahwa ketiga candi memiliki hubungan historis yang erat.

Baca: Benteng Pendem, Tempat Wisata di Semarang Yang Terpendam

candi pendem

Candi Pendem [credit: @workartholic]

Beri Komentar