Destinasi Wisata

Spot Diving Paling Indah di Indonesia, Surga Bawah Laut Yang Tiada Duanya

dive belitung
Sisi eksotisme taman bawah laut di Bangka Belitung [credit: @sofisugiharto - view map]
Penulis Dwi Rahayu

Menyelami lautan Indonesia tak akan ada habisnya, keindahan surga bawah laut yang tiada duanya di dunia.

Sebagai negara kepulauan dengan 70% wilayahnya berupa lautan, Indonesia menyimpan kekayaan maritim yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Kekayaan lautnya bukan hanya semata untuk eksploitasi ekonomi, tapi juga menjadi jantung kehidupan biota laut dunia.

Menyelami perairan Indonesia bak menemukan surga di bawah laut yang tiada duanya di belahan dunia manapun. Keindahan alam bawah laut yang senantiasa terjaga dan lestari inilah yang menjadi daya tarik bagi siapapun untuk menjelajahi pesona lautan nusantara. Semuanya tersebar dari ujung barat hingga timur wilayah Indonesia.

Mana saja spot diving terbaik di Indonesia? Sebagai referensi dalam Indonesia dive directory, berikut ulasan 15 spot diving di Indonesia yang paling diburu oleh para penyelam di seluruh dunia.

1. Raja Ampat, Papua

diving raja ampat

Surga bawah laut Raja Ampat dengan spesies karang terkaya di Dunia [credit: @indonesiatropicview map]

Raja Ampat, siapa yang tak mengenal namanya, bukan hanya bagi traveler dalam negeri, tapi juga berbagai belahan dunia. Sejatinya Raja Ampat merupakan nama kabupaten yang berada di Provinsi Papua, tepatnya di ‘kepala burung’ Pulau Papua. Kondisi geografisnya yang berupa kepulauan membuat Raja Ampat begitu kaya akan wisata bahari. Bagi para penyelam, tempat yang satu ini rasanya menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

Surga penyeleman Raja Ampat tak hanya menyuguhkan keindahan alam bawah laut, tapi juga kekayaan ekosistem laut yang tiada tandingannya di perairan manapun di dunia. Ekosistem laut yang terdiri dari lebih dari 1.320 spesies ikan karang, 540 jenis  karang keras (hard corral) atau 75% dari seluruh jenis karang di dunia, 57 spesies udang mantis, 13 spesies mamalia laut, dan 5 spesies penyu langka, serta berbagai kehidupan lain di bawah laut. Diving di Raja Ampat seolah kamu telah menyelami separuh lautan di dunia dan akan membuatmu selalu merindukan untuk mengulanginya kembali.

2. Teluk Cendrawasih, Papua

dive teluk cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih dengan perairan terluas di dunia [credit: belajardiving.com – view map]

Tak hanya Raja Ampat, Papua masih punya Taman Nasional Teluk Cendrawasih sebagai surga penyelaman bawah laut. Letaknya berada di belakang ‘kepala burung’ atau di atas ‘leher burung’ Pulau Papua. Selain menjadi habitat beragam biota laut, Teluk Cendrawasih menjadi ‘kandang’ sekaligus pusat penelitian hiu paus alias whale shark. Psst, tau nggak, Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional yang memiliki perairan terluas di dunia lho.

Tidak sulit untuk menemukan spot diving di Teluk Cendrawasih. Kamu bisa mengunjungi beberapa pulau yang ada seperti Pulau Yoop (Pulau Jop), Pulau Mioswaar, Pulau Rumberpon, Pulau Numfor, dan Pulau Nusrowi. Di tempat-tempat penyelaman ini kamu bisa menemukan lebih dari 209 jenis spesies ikan. Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati penyelaman ditemani ikan duyung, lumba-lumba, paus biru, dan tentu saja whale shark yang jinak.

3. Kepulauan Banda, Maluku

dive bandaneira

Keindahan salah satu spot diving di Bandaneira [credit: @visitbandanairaview map]

Kepulauan Banda merupakan bagian terpencil dan terindah dari Indonesia yang terdiri dari tiga pulau besar (Banda Besar dan Banda Naira yang terdapat banyak pohon pala, serta Gunung Api atau puncak api) dan tujuh pulau kecil. Berada sekitar 132 km sebelah tenggara Ambon, Kepulauan Banda memiliki taman laut super-eksotis yang keindahannya hanya bisa ditandingi oleh Raja Ampat di Papua.

Eksotisme alam bawah laut yang ada di Kepulauan Banda menjadi incaran bukan hanya penyelam lokal, tapi juga dari berbagai belahan dunia. Terumbu karang yang berwarna-warni, air laut hangat, serta kehidupan ekosistem laut yang begitu eksotis menjadi alasan utama mereka yang datang kesini. Terdapat banyak spot diving yang cocok untuk penyelam profesional maupun pemula, mulai dari laguna dangkal antara Bandaneira dan Gunung Api, sampai tebing laut vertikal di Pulau Hatta menjadi surga bawah laut terindah bahkan sebagian terpencil dan belum banyak terjamah oleh kehidupan manusia.

Kalau kamu datang kesini, pastikan untuk merencanakan secara matang, mulai dari memilih waktu serta berbagai persiapan dan perlengkapan pribadi. Walaupun bisa menyelam sepanjang tahun, tapi saat musim hujan beberapa spot penyelaman sangat dibatasi. Karena di Kepulauan Banda belum ada ATM, pastikan bawa uang cash cukup dan tersimpan aman. Yang tak kalah penting, soal alat komunikasi, disini cuma ada sinyal Telkomsel, siap-siap ganti kartu dulu ya buat pengguna provider lain.

4. Bunaken, Sulawesi Utara

dive bunaken

Pesona alam bawah laut Taman Nasional Bunaken [credit: @pumpelaview map]

Taman Nasional Bunaken jadi destinasi penyeleman wajib bila kamu berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara. Disini terdapat 20 spot diving yang bisa kamu nikmati. Yang paling populer antara lain Tembok Lekuan, Bunaken Timor, Mandolin, Tanjung Kopi, serta reruntuhan kapal di Manado. Untuk sampai ke Bunaken kamu harus menyeberang menggunakan speed boat dari Manado dalam waktu sekitar setengah jam lebih. Tarif sewanya cukup mahal, sekitar 500-700 ribu, belum lagi untuk sewa perlengkapan diving, sekitar 1 juta/set/hari. Untuk menghemat, kamu bisa kok menyiapkan alat selam sendiri.

Baca juga: 5 Pantai Paling Eksotis di Donggala, Kalian Bakal Bilang ‘Wow’

Meski diving di Bunaken terbilang mahal, tapi saat kamu nyemplung, kamu mungkin akan lupa dengan harga mahal yang telah kamu bayarkan. Keindahan alam bawah laut berupa lebih dari 390 jenis terumbu karang, spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut, serta berbagai jenis makhluk laut lainnya. Tak heran jika Bunaken masuk dalam wilayah Segitiga Terumbu Karang.

5. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

dive wakatobi

Diving di Wakatobi, menikmati surga bawah laut Indonesia [credit: @wakatobidivetripview map]

Selain Bunaken, ternyata Sulawesi masih memendam surga tersembunyi yaitu Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri sebenarnya adalah akronim dari nama empat pulau utama, yaitu Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi sangat terkenal di kalangan penyelam baik lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia. Topografi bawah lautnya juga bervariasi.

Melakukan diving di Wakatobi kamu bisa menemukan 750 spesies koral, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Beberapa jenis penyu juga menjadikan taman ini sebagai rumah mereka seperti penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea). Oh iya, di Wakatobi ini cuma ada 1 ATM. Jadi, buat kamu yang berencana berkunjung ke sini sebaiknya ambil uang di Pulau Wangi-Wangi — pulau utama di kepulauan ini.

6. Togean, Sulawesi Tengah

dive togean

Diving di Togean memberikan sensasi taman laut di kawasan Coral Triangle [credit: @hutanijayaview map]

Kepulauan Togean, atau populer dengan sebutan Togian Islands yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, merupakan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean dengan perairan seluas kurang lebih 336.773 hektar. Kepulauan yang ada di tengah Teluk Tomini ini menjadi salah satu surga bawah laut yang paling diburu para penyelam. Keindahan bawah laut yang juga termasuk dalam Segitiga Terumbu Karang ini mampu memukau siapapun yang menyelaminya.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Indonesia Incaran Bule Yang Perlu Kamu Tahu

Mencebur ke perairan Togean kamu bisa menyaksikan langsung kekayaan hayati laut yang ada. Kamu bisa temukan beragam kehidupan laut mulai dari terumbu karang yang jumlahnya sekitar 262 jenis dimana 7 diantaranya hanya bisa kamu temukan disini (endemik). Tak hanya karangnya yang cantik, sekitar 596 spesies ikan, mulai ikan kupu-kupu, paus pilot, pari manta, hiu trevally bermata besar, kima raksasa, lola, dan dugong (sejenis ikan duyung). Jika beruntung kamu bisa berenang sama penyu sisik dan penyu hijau yang langka itu.

7. Selat Lembeh, Sulawesi Utara

dive lembeh

Diving di Selat Lembeh yang menawarkan keragaman hayati laut nan indah [credit: @uncovery_photographyview map]

Yang terakhir untuk di kawasan Sulawesi, ada Selat Lembeh yang siap memanjakan kamu dengan pesona keindahan bawah lautnya. Sepintas selat sempit yang memisahkan Sulawesi Utara dengan Pulau Lembeh ini tampak biasa saja. Namun siapa sangka, perairan dengan luasan 16 kali 1-2 kilometer ini memiliki lebih dari 80 titik lokasi menyelam yang siap memanjakanmu. Tentu dengan suguhan pemandangan alam bawah laut yang tak kalah cantik dengan spot diving populer lainnya.

Beri Komentar