Destinasi Wisata

Pantai Nglambor, Favorit Untuk Snorkeling di Jogja

snorkeling pantai nglambor
Ditemani ikan kecil menikmati indahnya karang Pantai Nglambor [credit: @rina.1709]
Penulis Dwi Rahayu

Ganasnya ombak laut selatan Jogja serasa tak berlaku di Pantai Nglambor, sahabat bagi para pecinta keindahan bawah laut

Berbeda dengan pantai utara Pulau Jawa, pantai selatan memiliki karakteristik ombak yang cukup besar karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pun demikian dengan pantai-pantai yang ada di Yogyakarta yang terkenal dengan ombak ganasnya. Pantai dengan ombak besar yang menggulung bukanlah tempat yang tepat untuk menikmati asiknya berenang ataupun snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Itulah sebabnya sebagian besar tempat wisata pantai selatan, termasuk di Jogja, melarang pengunjungnya untuk beraktivitas terlalu jauh dari garis pantai.

Namun begitu, Jogja masih menyimpan satu pantai yang menyuguhkan keindahan, tak hanya di permukaan, tapi bisa dinikmati sampai alam bawah air. Ya, Pantai Nglambor, menjadi primadona bagi penikmat keindahan bawah laut dangkal. Disini kamu bisa melakukan aktivitas seperti berenang ataupun snorkeling dengan leluasa. Ditambah airnya yang jernih membuat pengunjungnya semakin asik untuk menikmati ikan-ikan mungil dan eloknya batu karang di dasarnya.

Kura-kura Raksasa Penjinak Ombak Samudera

Pantai Nglambor memang memiliki karakter unik yang berbeda dengan pantai-pantai kebanyakan yang ada di sepanjang pantai selatan Jawa. Ombak besar nan ganas tak tampak di bibir pantai cantik ini. Pasalnya pantai berbentuk teluk mungil ini memiliki karang pemecah ombak.

kura-kura raksasa pantai nglambor

Kura-kura raksasa penjinak ombak [credit: @irfan_deathcore]

Tepat di depan teluk terdapat dua batu karang berbentuk kura-kura raksasa yang bertugas menjinakkan ombak ganas laut selatan. Watu Kuntul dan Watu Kalong inilah yang sangat berjasa memecah ombak sehingga aman untuk melakukan snorkeling sekaligus melindungi terumbu karang agar tidak rusak dihempas gelombang.

Kearifan Lokal Menjaga Kelestarian Alam Nglambor

Alam Pantai Nglambor yang menyuguhkan keindahan bagi pengunjungnya begitu terjaga oleh warga sekitar. Bahkan lokasi pantai ini dijadikan sebagai kawasan konservasi terumbu karang dan beberapa spesies ikan serta beragam biota laut lainnya. Tak heran bila kamu bisa bermain-main dengan ikan Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil lain yang berenang asik diantara terumbu karang dengan berbagai bentuk yang cantik.

snorkeling pantai nglambor

Ditemani ikan kecil menikmati indahnya karang Pantai Nglambor [credit: @rina.1709]

Jika beruntung kamu bisa bertepatan dengan pelaksanaan tradisi sedekah laut Ngalangi yang dilakukan masyarakat sekitar. Sesuai namanya, tradisi ini melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan ini, kecuali sekali dalam setahun, diluar masa pemijahan ikan. Cara penangkapannya pun hanya boleh dilakukan menggunakan gawar, semacam jaring terbuat dari akar pohon wawar.

snorkeling pantai nglambor

Snorkeling di Pantai Nglambor [credit: @frendy_bns]

Menuju Pantai Nglambor

Pantai Nglambor diapit oleh dua pantai wisata lain, Pantai Siung di sebelah timur dan Pantai Jogan di sebelah barat. Berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, pantai ini termasuk salah satu yang cukup jauh dari pusat kota Jogja, sekitar 74 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 45 menit. Lokasinya yang jauh dari keramaian dengan akses yang lumayan sulit, membuat pantai ini terbilang masih sepi dan sangat asri.

Untuk berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan baik roda dua maupun empat. Rute yang bisa kamu tempuh dari Jogja, cari jalur menuju Wonosari melalui jalan lingkar (ring road) timur. Kalau sudah sampai alun-alun Wonosari, maju lagi tidak begitu jauh sampai ketemu pertigaan sebelum Polres Gunung Kidul belok kiri ke jalan Baron. Ikuti jalan ini sampai ada kantor BRI di kiri jalan, maju lagi beberapa ratus meter sampai ada pertigaan dan ambil arah kiri. Disini kamu bisa mulai bertanya kepada warga sekitar dimana lokasi Pantai Nglambor.

pantai nglambor

Eksotisme teluk mungil Pantai Nglambor [credit: @vindaapriliana]

Bila sudah sampai di parkiran, ada dua opsi untuk bisa sampai di lokasi pantai, trekking dengan waktu sekitar 15 menit atau pakai jasa ojek motor. Kalau kamu membawa motor pribadi, boleh kok dibawa sampai ke lokasi pantai. Tapi kalau kamu tidak pengalaman dengan jalan berbatu dan tanjakan atau turunan tajam, lebih aman kalau motormu dititipkan di tempat parkir.

Tips

Dengan kondisi jalan menuju pantai yang berbatu dan pantai laguna berkarang, ada baiknya kamu menggunakan alas kaki yang elastis dan dengan dasar yang tidak licin. Topi dan kacamata juga sangat membantu melindungi dari terik matahari. Kalau snorkeling di Pantai Nglambor jadi tujuan utama kamu, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti karena belum ada persewaan baju renang. Sementara untuk alat snorkeling sendiri bisa menyewa di tempat ini.

Saat melakukan aktivitas snorkeling sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide untuk menjaga keamanan. Biaya guide sudah termasuk dalam harga sewa alat snorkeling, jadi tidak perlu membayar biaya tambahan lagi. Untuk waktu yang paling tepat ber-snorkeling sangat bergantung pada kondisi pasang surut air laut. Bila beruntung kamu bisa langsung nyebur.

FYI

  • Biaya loket masuk untuk tiga pantai sekaligus (Siung, Nglambor, Jogan) Rp 5.000,- per orang.
  • Parkir motor Rp 2.000,- dan mobil Rp 5.000,-
  • Ojek dari parkiran ke lokasi pantai Rp 5.000,-
  • Sewa alat snorkeling 35.000 – 50.000 / set komplit

Sudah gak sabar buat menikmati snorkeling di pantai selatan Jogja ini? Segera bikin itinerary-mu buat mengisi long weekend nanti. Jangan lupa share pengalaman disini ya!

Beri Komentar